Detail Cantuman Kembali
FITRI NUR RAHMADANI - Personal Name

PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING -SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING ART MATHEMATICS (PBL-STEAM) BERBASIS KEARIFAN LOKAL MANDAI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TEKANAN OSMOSIS

Problem Based Learning – Science Technology Engineering Art Mathematics (PBL-STEAM) berbasis kearifan lokal mandai dapat mendorong peserta didik untuk lebih aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk dapat memecahkan masalah dalam situasi nyata dengan mengintegrasikan kearifan lokal mandai dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PBLSTEAM berbasis kearifan lokal mandai terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi tekanan osmosis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian non randomized pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 2 Samarinda tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 3 kelas yang mengikuti mata pelajaran kimia dengan sampel penelitian yaitu kelas XII-C dan XII-D. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling berjumlah 68 siswa, yang terbagi ke dalam 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai keterampilan berpikir kritis siswa dikumpulkan dengan menggunakan instrumen post-test, keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran diukur menggunakan lembar observasi aktivitas belajar mengajar guru dan siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran diukur menggunakan angket respon siswa. Rata-rata hasil tes keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen 79,56 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 70,38 dengan kategori sedang. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil uji t dengan independent samples t-test diperoleh sig. (2-tailed) pada kedua kelas adalah 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh PBLSTEAM berbasis kearifan lokal mandai terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi tekanan osmosis. Hal tersebut didukung dengan hasil lembar kegiatan belajar mengajar siswa dan guru terhadap pembelajaran PBL-STEAM berturutturut 90,82 dengan kategori sangat baik dan 100% dengan kategori sangat diterapkan. Selain itu, rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran PBL-STEAM yaitu 85,47% dengan kategori sangat baik membuktikan bahwa penerapan PBLSTEAM didalam pembelajaran dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING -SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING ART MATHEMATICS (PBL-STEAM) BERBASIS KEARIFAN LOKAL MANDAI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TEKANAN OSMOSIS
Pengarang FITRI NUR RAHMADANI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FIT p 2025
Subyek Keterampilan Berpikir Kritis
Kearifan lokal
PBL-STEAM
Tekanan osmosis
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2025
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan S1 PENDIDIKAN KIMIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua