PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR MELALUI MEDIA YOUTUBE PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 BONTANG
Rana Jelita Dwi Putri, 2025. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Berbasis Video Pembelajaran Teks Prosedur Melalui Media Youtube Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Bontang Tahun Pembelajaran 2021/2022. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mulawarman. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Yusak Hudiyono, M.Pd., pembimbing I dan dibimbing oleh Drs. M. Rusydi Ahmad, M.Hum., pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII B di SMP Negeri 7 Bontang melalui pembelajaran menulis teks prosedur menggunakan media Youtube. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 7 Bontang berjumlah 34 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri atas dua siklus, prosedur penelitian yang digunakan adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Permasalahan yang terjadi pada prasiklus akan diberikan tindakan pada siklus I dengan memberikan video pembelajaran teks prosedur melalui media Youtube yang berisikan pengertian, struktur dan contoh dengan tugas diselesaikan per siswa. Kemudian permasalahan yang terdapat pada siklus I akan ditindaklanjuti pada siklus berikutnya yaitu siklus II dengan memberikan video pembelajaran teks prosedur melalui media Youtube yang berisikan kalimat perintah, saran dan larangan serta dengan tampilan video yang berbeda dan lebih menarik dengan tugas diselesaikan secara berkelompok. Permasalahan siklus Hasil yang diperoleh bahwa nilai rata-rata dari tes hasil prasiklus sebelum melakukan pembelajaran menggunakan media Youtube sebesar 46,61, pelaksanaan tindakan siklus I dengan pembelajaran menggunakan media Youtube mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 66,17 dengan kriteria cukup. Pada tindak siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78,67 dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pembelajaran dengan menggunakan media Youtube dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII B SMP Negeri 7 Bontang. Hal ini disarankan agar guru Bahasa Indonesia lebih meningkatkan kreativitas dalam mengembangkan materi pelajaran melalui media Youtube.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR MELALUI MEDIA YOUTUBE PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 BONTANG |
---|---|
Pengarang | Rana Jelita Dwi Putri - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RAN p 2025 |
Subyek | media youtube Menulis Teks Prosedur |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2025 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY