Detail Cantuman Kembali
DEDY SALMAN - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSITED INDIVIDUALLIZATION) PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL (PLSV/PtLSV) KELAS VII SMP TUNAS KELAPA SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010 2

ABSTRAK
Salman, Dedy. 2009. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan
Menggunakan Model Pembelejaran Kooperatif Tipe TAI (Team
Assisted Individuallization) pada Materi Pokok Persamaan dan
Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Kelas VII
SMP Tunas
Kelapa Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Matematika FKIP Universitas Mulawarman. Dibimbing Oleh Drs.
J. R. Watulingas, MM dan Drs. M. Ugiarto, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika
siswa, melalui pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi pokok persamaan
dan pertidaksamaan linier satu variabel.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian
adalah siswa kelas VII
SMP Tunas Kelapa Samarinda tahun pembelajaran
2009/2010, dengan subjek penelitian adalah siswa VII
2
yang berjumlah 31 siswa
dan objek penelitian adalah pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi pokok
persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel.
2
Data diperoleh melalui dokumentasi nilai, observasi, LKS, tes hasil
belajar, dan tugas. Tes hasil belajar dilaksanakan pada setiap akhir siklus.
Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Masingmasing

siklus berturut-turut terdiri dari 3 pertemuan dan 4 pertemuan. Analisis
data menggunakan rata-rata, persentase, dan grafik.
Nilai hasil belajar siswa diperoleh dengan menganalisis data berupa nilai
tugas dan nilai hasil belajar setiap siklus. Nilai rata-rata ulangan harian
sebelumnya dijadikan sebagai nilai dasar pada siklus I, yaitu 45,9. Pada siklus I
terjadi peningkatan dari nilai dasar 45,9 menjadi 62,12 dengan kriteria cukup.
Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 62,12 menjadi 70,03 dengan
kriteria baik. Dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan dari 70,03 dengan
kriteria baik menjadi 76,13 dengan kriteria baik. Sedangkan aktivitas guru pada
siklus I, siklus II dan III dinilai baik. Dan aktivitas siswa pada siklus I cukup dan
siklus II dan III dinilai baik.
Dari hasil analisis maka hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar matematika
siswa pada materi pokok persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel di
kelas VII
SMP Tunas Kelapa Samarinda.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru agar dapat
2
menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TAI sebagai salah satu model
pembelajaran untuk mata pelajaran matematika dalam rangka meningkatkan
kualitas pembelajaran dan hasil pembelajaran matematika di sekolah.
2

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSITED INDIVIDUALLIZATION) PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL (PLSV/PtLSV) KELAS VII SMP TUNAS KELAPA SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010 2
Pengarang DEDY SALMAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2010
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua