Detail Cantuman Kembali
Tiara Monita - Personal Name

PENGARUH MEDIA GAME EDUKASI QUIZWHIZZER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPAS MATERI GAYA DI SEKITAR KITA KELAS IV SD ISLAM AL-QUDS SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Islam Al-Quds Samarinda pada mata pelajaran IPAS, pembelajaran yang digunakan didominasi oleh ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas. Kurangnya variasi dan pemanfaatan teknologi menyebabkan peserta didik kurang termotivasi dalam belajar. Observasi menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di kelas masih sangat terbatas. Media yang digunakan saat ini memanfaatkan aplikasi sederhana seperti Wordwall, namun hal ini belum cukup menarik minat peserta didik. Akibatnya, proses pembelajaran kurang menarik dan berdampak pada pencapaian hasil belajar peserta didik, hanya 66% (15 dari 24 peserta didik) yang mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media game edukasi Quizwhizzer terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Islam Al-Quds Samarinda pada mata Pelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental dengan jenis OneGroup Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data digunakan wawancara, tes hasil belajar (pretest-treatment-posttest), dan respon peserta didik. Teknik analisis data dilakukan dengan uji coba intrumen pretest-posttest (validitas dan reliabilitas) terlebih dahulu, kemudian tes hasil belajar, uji t, dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar, dengan nilai rata-rata pretest 54,33 meningkat menjadi 82 pada posttest, serta N-Gain rata-rata 0,58 (kategori sedang). Uji-t menunjukkan t-hitung = 10,450 > t-tabel = 1.714, membuktikan adanya pengaruh yang signifikan. Respon peserta didik terhadap penggunaan Quizwhizzer juga sangat positif, dengan skor rata-rata 87,24 (kategori sangat tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yaitu terdapat pengaruh media game edukasi Quizwhizzer terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPAS materi “Gaya di Sekitar Kita” kelas IV SD di Islam Al-Quds Samarinda. Penelitian ini memiliki saran untuk peneliti selanjutnya agar dapat mengekplorasi efektivitas Quizwhizzer pada kelompok usia yang berbeda atau dalam pembelajaran berbasis kolaborasi dan materi yang berbeda.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MEDIA GAME EDUKASI QUIZWHIZZER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPAS MATERI GAYA DI SEKITAR KITA KELAS IV SD ISLAM AL-QUDS SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025
Pengarang Tiara Monita - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI TIA p 2024
Subyek Hasil Belajar
IPAS
Media Game Edukasi Quizwhizzer
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua