PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X MAN BONTANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar hasil belajar pada pembelajaran sejarah di kelas X MAN Bontang setelah menrapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe eksperimen dan kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Bontang dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini digunakan dalam bentuk True Experimental Desain dengan Desain posttest control grup desain. Populasi pada penelitian ini mencakup seluruh peserta didik kelas X Di MAN Bontang pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling untuk menentukan dua kelas yang akan digunakan dalam penelitian yaitu kelas eksperimen (XA) dan kelas kontrol (XC). Sample yang diteliti sebanyak 64 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen dengan menggunakan tes soal pilihan ganda sebanyak 30 soal. Uji Teknik analisi data yang digunakan adalah regresi dengan bantuan SPSS 25. Dalam penelitian menggunakan teknik uji normalitas data, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan data uji Independent simple t-test diperoleh nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Prblem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas X MAN Bontang.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X MAN BONTANG |
---|---|
Pengarang | SHERINA ISLAMIYAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SHE p 2025 |
Subyek | Problem Based Learning pembelajaran sejarah HASIL BELAJAR SEJARAH |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2025 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN SEJARAH |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY