Detail Cantuman Kembali
Dardanella Yama Sartika - Personal Name

STUDI TENTANG FUNGSI KEPEMIMPINAN WALIKOTA SAMARINDA DALAM MENINGKATKAN KINERJA APARATUR DI SEKRETARIAT KOTA SAMARINDA

ABSTRAK
Dardanella Yama Sartika, Studi Tentang Fungsi Kepemimpinan Walikota Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur di Sekretariat Kota Samarinda, di bawah bimbingan Bapak Drs. Endang Erawan dan Bapak Drs. Daud Kondorora.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang fungsi kepemimpinan Walikota dalam meningkatkan kinerja aparatur pada kantor Sekretariat Kota Samarinda dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan kinerja melalui fungsi kepemimpinan Walikota.
Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan, dan penelitian lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumen. Narasumber pada penelitian ini adalah 15 orang di Kantor Sekretariat Kota
Samarinda. Temuan dari penelitian ini adalah pertama Walikota sudah menjalankan fungsi kepemimpinannya dalam meningkatkan kinerja aparatur yang dibuktikan dari hasil wawancara yang dilakukan penulis dengan narasumber. Kedua, faktor faktor yang mendukung fungsi kepemimpinan walikota dalam meningkatkan kinerja aparatur diantaranya kerja sama yang baik dengan pihak-pihak yang berkompeten dalam proses pemecahan masalah dan pelaksanaan program, adanya kerja sama antar bagian yang saling aktif interaktif dalam menetapkan keputusan maupun dalam pelaksanaan keputusan, dan jarak tiap bagian yang tidak jauh atau dalam satu lokasi sehingga memudahkan penyelesaian program kerja. Ketiga, faktor-faktor yang menghambat fungsi kepemimpinan Walikota dalam meningkatkan kinerja aparatur diantaranya belum diserahkannya pengelolaan obyek dari Dinas Kimbangkot Samarinda kepada pihak swasta yang ditunjuk oleh Pemerintah Daerah Kota Samarinda sebagai pengelola, kesadaran masyarakat masih kurang dan menganggap sepenuhnya tanggung jawab pemerintah Kota Samarinda, sebagian besar aparatur dan masyarakat memiliki persepsi yang beragam, sehingga sulit untuk menyatukan pendapat dalam penyelesaian suatu masalah.
Kata Kunci : Kepemimpinan, Walikota Samarinda, Kinerja, Aparatur.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TENTANG FUNGSI KEPEMIMPINAN WALIKOTA SAMARINDA DALAM MENINGKATKAN KINERJA APARATUR DI SEKRETARIAT KOTA SAMARINDA
Pengarang Dardanella Yama Sartika - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua