Detail Cantuman Kembali
DESY RATNA WIDYA SAFITRI - Personal Name

PERAN ORANG TUA DALAM MEMBANGUN KARAKTER DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS RENDAH DI SD NEGERI 011 SAMARINDA KOTA

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran orang tua dalam membangun karakter disiplin belajar siswa, khususnya kelas rendah. SD Negeri 011 Samarinda Kota, ditemukan kasus rendahnya kedisiplinan belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dalam membangun karakter disiplin belajar siswa, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pelaksanaan perantersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber penelitian adalah orang tua siswa kelas rendah yaitu kelas 1, 2 dan 3, siswa kelas 1, 2, dan 3, dan guru wali kelas 1, 2, dan 3. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua siswa SDN 011 Samarinda Kota telah memenuhi perannya dalam membangun karakter disiplin belajar siswa, yaitu : (1) Sebagai pendidik orang tua berperan mengingatkan anak untuk belajar secara teratur di rumah, (2) Sebagai pengasuh orang tua berperan untuk membangunkan anak saat pagi, dan membantu anak dalam mempersiapkan kebutuhan belajar, (3) Sebagai pembimbing orang tua berperan untuk mendampingi anak dan membimbing anaknya dalam belajar serta memberikan bantuan kepada anak saat anak mengalami kesulitan dalam belajarnya, (4) Sebagai motivator orang tua berperan untuk memberikan dorongan (motivasi) kepada anak saat belajar, memberikan hadiah saat anakberhasil dalam belajarnya, dan memberikan hukuman saat anak mendapatkan hasil belajar yang kurang memuaskan, (5) Sebagai fasilitator orang tua menyediakan sarana untuk menunjang proses pembelajaran seperti smartphone, internet, buku, meja belajar, dan alat tulis. Serta menyediakan Prasarana ruang belajar dengan suasana yang kondusif dan nyaman bagi anak. Faktor pendukung meliputi suasana rumah yang kondusif, keterlibatan aktif dari orang tua dankomunikasi yang aktif antara orang tua dan guru. Faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu karena kesibukan pekerjaan orang tua dan penggunaan gadget. Dari hasil penelitian, peran orang tua sangat berperan dalam membentuk karakter disiplin belajar siswa, terutama melalui dukungan, pendampingan, serta penyediaan lingkungan yang kondusif. Disarankan agar penelitian selanjutnya mengkaji lebih dalam tingkat keterlibatan orang tua dalam kegiatan pendidikan dan dampaknya terhadap disiplin belajar siswa.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN ORANG TUA DALAM MEMBANGUN KARAKTER DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS RENDAH DI SD NEGERI 011 SAMARINDA KOTA
Pengarang DESY RATNA WIDYA SAFITRI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DES p 2025
Subyek Peran Orang Tua
Karakter Disiplin Kelas Rendah
Siswa SD Negeri Kelas Rendah
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2025
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua