Pengaruh Media Berbasis Game Edukatif Wordwall Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran IPAS Materi Perubahan Kenampakan Alam Pada Siswa Kelas V SD Islam Al Quds Samarinda Tahun Pembelajaran 2024/2025
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan media yang terbatas dan kurang menarik sehingga menghambat kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media berbasis game edukatif wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPAS materi perubahan kenampakan alam pada siswa kelas V SD Islam Al Quds Samarinda tahun pembelajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperiment bentuk desain nonequvalent control group design. Populasi yang penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas V SD Islam Al Quds Samarinda. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh yakni seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Pada penelitian ini terdapat dua kelas yakni kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang dan kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari instrumen tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 17 soal serta instrument non tes berupa angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis parametrik dengan uji independent sampel t-test dan uji n-gain score. Hasil penelitian menunjukan perhitungan nilai rata-rata kelas eksperimen menggunakan media berbasis wordwall sebesar 77.45 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 66.75. Hasil analisis data menggunakan uji independent sampel t-test kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.002 0.05, maka H1diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh media berbasis game edukatif wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS materi perubahan kenampakan alam pada siswa kelas V SD Islam Al Quds Samarinda tahun pembelajaran 2024/2025. Selain itu hasil uji n-gain score kelas eksperimen mengalami peningkatan yang unggul dibanding kelas kontrol sebesar 0.48 ngan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0.27 dengan kategori rendah.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Media Berbasis Game Edukatif Wordwall Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran IPAS Materi Perubahan Kenampakan Alam Pada Siswa Kelas V SD Islam Al Quds Samarinda Tahun Pembelajaran 2024/2025 |
---|---|
Pengarang | Putri Rahayu - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI PUT p 2024 |
Subyek | Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran IPAS Game Edukatif Wordwall |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY