HUBUNGAN MINAT BELAJAR KIMIA SISWA LINTAS MINAT DENGAN PRESTASI BELAJAR DI SMA NEGERI 16 SAMARINDA
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang memiliki minat belajar kimia rendah. Minat belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Siswa yang memiliki minat belajar tinggi cenderung akan menunjukan rasa perhatian yang lebih atau perasaan senang sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan minat belajar kimia dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 16 Samarinda sebanyak 92 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan angket yang terdiri dari 20 pernyataan dengan indikator perasaan senang, ketertarikan, perhatian dan keterlibatan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat belajar kimia siswa berada pada kategori tinggi sehingga terdapat hubungan minat belajar kimia siswa lintas minat dengan prestasi belajar di SMA Negeri 16 Samarinda dengan nilai koefisien korelasi kuat
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN MINAT BELAJAR KIMIA SISWA LINTAS MINAT DENGAN PRESTASI BELAJAR DI SMA NEGERI 16 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | KARMILA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI KAR h 2025 |
Subyek | Minat Belajar, Prestasi Belajar, Lintas Minat |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2025 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY