STRATEGI PEMASARAN KAIN TENUN (Studi Pada UMKM UD Cahaya Samarinda Di Kampung Wisata Tenun)
UD Cahaya Samarinda merupakan salah satu pelapor dalam pengembangan industri tenun di Samarinda. UD Cahaya Samarinda hanya melakukan promosi melalui mulut ke mulut dan tidak memanfaatkan media sosial dalam pemasaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengidentifikasi strategi pemasaran yang dilakukan oleh UD Cahaya Samarinda di Kampung Wisata Tenun. Penelitian ini menggunakan landasan konsep bauran pemasaran 4P yang dikemukan oleh Philip Kotler. Keempat elemen, yaitu produk, harga, tempat, dan promosi digunakan sebagai kerangka analisis untuk mengidentifikasi bagaimana UD Cahaya Samarinda dalam mengelola produk kain tenunnya, menentukan harga jual, melaksanakan kegiatan promosi, serta memilih saluran distribusi. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD Cahaya Samarinda memiliki keunggulan dalam kualitas produk dengan harga yang terjangkau. Namun, UD Cahaya Samarinda masih memiliki ruang untuk meningkatkan jangkauan pasar melalui pemanfaatan media sosial dan partisipasi dalam pameran. Meskipun lokasi toko tidak strategis, kualitas produk yang tinggi dan pelayanan yang baik telah menjadi daya tarik utama bagi pelanggan sehingga membuat pelanggan setia dan loyal.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | STRATEGI PEMASARAN KAIN TENUN (Studi Pada UMKM UD Cahaya Samarinda Di Kampung Wisata Tenun) |
---|---|
Pengarang | Sandra Febriyani - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SAN s 2024 |
Subyek | Strategi Pemasaran UMKM Kain Tenun Bauran Pemasaran 4P |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Pembangunan Sosial |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY