PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DENGAN ASESMEN COMPUTER BASED TEST (CBT) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 7 BONTANG
Hendita Dyah Ratnady. 2024. “Pengembangan Modul Pembelajaran dengan Asesmen Computer Based Test untuk melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 7 Bontang”. Pembimbing (I) Prof. Dr. Makirina Tindangen, M. Pd (II) Elsje Theodora Maasawet, M.Pd. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran IPA dengan Asesmen Computer Based Test yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis pada pokok bahasan sistem pernapasan manusia dengan menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Mayfield. Penelitian model ini berada pada penelitian pengembangan level 3 yakni meneliti dan menguji untuk mengembangkan produk yang telah ada. Implementasi modul dilaksanakan pada kelas VIII A dan VIII D di SMP Negeri 7 Bontang tahun ajaran 2023/ 2024. Teknik pengumpulan data terdiri dari validasi ahli, observasi, tes dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil validitas modul dari segi modul 93,75% dengan kategori sangat valid. Hasil validitas modul dari segi bahasa 86,77% dan dari segi materi 99,54% sedangkan hasil validitas dari aplikasi asesmen Computer Based Test sebesar 97%. (2) Hasil kepraktisan modul dengan asesmen melalui angket 89,41 % termasuk kriteria sangat praktis dilakukan. Pada aplikasi dilakukan uji functionality dengan nilai x mendekati nilai 1 ini telah memenuhi standar atau memiliki fungsionalitas yang baik dan pada aspek usability diperoleh nilai 92,3 % dengan kategori sangat tinggi. (3) Hasil efektivitas modul dari segi normalitas ngain semua kelas pada pretest dan posttest memiliki nilai sig > 0.05 sehingga data berdistribusi normal. Dari segi homogenitas n-gain semua kelas memiliki nilai sig. > 0.05 sehingga data bersifat homogen. Dari segi Hasil uji paired Berdasarkan independent sample t-test terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis yang signifikan (Sig. (2-tailed) sebesar 0.003 < 0.050) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rata rata skor pretest dan posttest di kelas eksperimen (Sig. (2-tailed) =
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DENGAN ASESMEN COMPUTER BASED TEST (CBT) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 7 BONTANG |
---|---|
Pengarang | Hendita Dyah Ratnady - Personal Name |
No. Panggil | TESIS HEN p 2024 |
Subyek | usability model ADDIE Asesmen Computer Based Test Functionality |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Biologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY