Detail Cantuman Kembali

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI “ B A G A I M A N A B E N T U K I N D O N E S I A K U ? ” DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA WORDWALL PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 021 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V khususnya dalam mata pelajaran IPAS, yang disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi “Bagaimana Bentuk Indonesiaku?” Dengan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media Wordwall pada peserta didik kelas VB SDN 021 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur yang digunakan mencakup empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN 021 Sungai Kunjang pada bulan Juni 2024. Subjek penelitian ini guru dan 29 peserta didik kelas VB SDN 021 Sungai Kunjang, serta objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPAS materi “bagaimana bentuk Indonesiaku?” dengan model pembelajran Teams Games Tournament berbantuan media wordwall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase ketuntasan, peningkatakan hasil belajar, dan konversi nilai. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Pada data awal nilai rata-rata hasil belajar 66,83 meningkat menjadi 67,07 pada siklus I dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 0,36% dan persentase ketuntasan sebesar 44,83%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 75,00 dengan persentase peningkatan hasil belajar 12,22% dan persentase ketuntasan sebesar 84,76%. Pada siklus III nilai rata-rata meningkat menjadi 86,21 dengan persentase peningkatan hasil belajar 29,00% dan persentase ketuntasan sebesar 93,10%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPAS materi bagaimana bentuk Indonesiaku? Menggunakan model pembelajaran teams games tournament berbantuan media wordwall pada peserta didik kelas v SDN 021 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2023/2024.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI “ B A G A I M A N A B E N T U K I N D O N E S I A K U ? ” DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA WORDWALL PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 021 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Pengarang Tiara Petri Cicilia Genggang - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI TIA p 2025
Subyek hasil belajar IPAS
Model Pembelajaran Teams Games Tournament
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2025
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua