PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU HURUF DAN PAPAN SUSUN KATA PADA SISWA KELAS IB SD NEGERI 004 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025
Ariska Piktoria Crestien, 2024. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Huruf dan Papan Susun Kata Pada Siswa Kelas IB SD Negeri 004 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2024/2025. Bapak Makmum, S.Ag., M.Ag., Ph.D sebagai dosen pembimbing I dan Ibu Dra Tri Wahyuningsih, M.Si sebagai dosen pembimbing II. Kata Kunci : Kemampuan Membaca Permulaan, Media Kartu Huruf dan Papan Susun Kata. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa di kelas IB SD Negeri 004 Samarinda Ilir yang masih belum bisa membaca, karena siswa mengalami kesulitan dalam mengenal dan menyebutkan simbol huruf, dan mengingat huruf sehingga pada saat membaca siswa menjadi kebingungan karena masih belum tau huruf yang mereka baca. Adapun kesulitan lainnya adalah siswa sulit membedakan huruf beberapa huruf, contohnya seperti huruf /n/ dan /m/, lalu huruf /p/ dan /v/. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu dan papan susun kata pada siswa kelas IB SD Negeri 004 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2024/2025?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu dan papan susun kata pada siswa kelas IB SD Negeri 004 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IB SD Negeri 004 Samarinda Ilir yang berjumlah 22 siswa dan objek dari penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan melalui media kartu dan papan susun kata. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan persentase aktivitas guru dan siswa, nilai rata-rata siswa, hasil membaca siswa, ketuntasan siswa dan peningkatan hasil membaca siswa menggunakan media kartu huruf dan papan susun kata. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas IB menggunakan media kartu huruf dan papan susun katamengalami peningkatan yang dapat dibuktikan dari hasil tes kemampuan membaca permulaan siswa pada pra siklus ketuntasan klasikal siswa sebesar 36,36%, mengalami peningkatan ke siklus I dengan ketuntasan klasikal siswa sebesar 45,45% dengan persentase peningkatan kemampuan membaca permulaan 10,11%. Selanjutnya pada siklus II ketuntasan klasikal siswa sebesar 63,63% dengan persentase peningkatan kemampuan membaca permulaan 20,08%. Selanjutnya pada siklus III ketuntasan klasikal siswa sebesar 81,81% dengan persentase peningkatan kemampuan membaca permulaan 35,92%
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU HURUF DAN PAPAN SUSUN KATA PADA SISWA KELAS IB SD NEGERI 004 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025 |
---|---|
Pengarang | Ariska Piktoria Crestien - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ARI p 2024 |
Subyek | Media Kartu huruf Kemampuan Membaca Permulaan Papan Susun Kata |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY