Indonesia Virtual Tour sebagai Media Komunikasi Digital untuk Mempromosikan Pariwisata Indonesia
Komunikasi digital dan perkembangan teknologi informasi telah mengubah cara berinteraksi dan mengakses informasi masyarakat. Indonesia memasuki era konektivitas dengan 221 juta pengguna internet pada 2024. Perubahan ini membuka peluang baru untuk terhubung dan berkomunikasi secara cepat dan luas melalui komunikasi digital. Salah satu strategi Kemenparekraf untuk mempromosikan pariwisata Indonesia adalah mengembangkan platform Indonesia Virtual tour bekerja sama dengan Visual Anak Negeri. Platform ini berfungsi sebagai media promosi pariwisata yang efektif karena mampu memberikan pengalaman wisata yang lebih imersif secara digital tanpa batas ruang dan waktu serta mudah diakses oleh siapa saja. Tujuan Penelitian dilakukan untuk menganalisis terkait peranan Indonesia Virtual tour sebagai Media Komunikasi Digital untuk Mempromosikan Pariwisata Indonesia.Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yaitu menjelaskan secara garis besar dari semua data yang didapatkan melalui teks deskripsi berbentuk narasi, serta dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi,wawancara, dan studi dokumentasi. Dalam mengumpulkan data, informan penelitian sendiri ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dan menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Penelitian ini menggunakan teori kekayaan media (Media Richness Theory).
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa Indonesia Virtual tour hampir memenuhi setiap aspek dari peran media komunikasi digital, yakni Jembatan Komunikasi dan Informasi, Platform bisnis dan Pemasaran yang efektif, Sarana edukasi dan pembelajaran, Pengaruh Opini Publik dan Hiburan. Namun belum maksimal, terutama pada aspek promosi dan pengaruh opini publik. Namun demikian Indonesia Virtual tour sudah melaksanakan perannya sebagai media komunikasi digital untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Indonesia Virtual Tour sebagai Media Komunikasi Digital untuk Mempromosikan Pariwisata Indonesia |
---|---|
Pengarang | Safika - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SAF i 2024 |
Subyek | Indonesia Virtual Tour Media Komunikasi Digital Promosi Pariwisata |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Ilmu Komunikasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY