Pembelajaran IPA Berbasis Masalah pada Topik Kimia Hijau untuk Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Pelajaran Kimia dan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah
Green chemistry bertujuan mengembangkan proses kimia dan produk kimia yang ramah lingkungan dan sesuai dengan pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA berbasis masalah untuk meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah pembelajaran kimia pada topik kimia hijau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pre-eksperimental. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Pengumpulan data menggunakan tes berupa pre-test dan post-tes serta angket minat dan angket respon siswa. Analisisdata menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat siswa dalam pembelajaran kimia pada kategori baik dan peningkatan kemampuan penyelesaian masalah pada kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran IPA berbasis masalah dapat meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah pada siswa SMA N 1 Muara Badak.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pembelajaran IPA Berbasis Masalah pada Topik Kimia Hijau untuk Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Pelajaran Kimia dan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah |
---|---|
Pengarang | Hijrana Mega Sasmitha - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI HIJ p 2025 |
Subyek | Kemampuan Memecahkan Masalah Pembelajaran IPA Pembelajaran Berbasis Masalah, Kimia Hijau |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2025 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY