Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Siklus Hidup Mahkluk Hidup Dengan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Media Canva Pada Kelas III SDN 004 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2024/2025
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDN 004 Sungai Kunjang khususnya pada mata pelajaran IPAS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar IPAS materi siklus hidup makhluk hidup dengan model pembelajaran think pair share pada siswa kelas III SDN 004 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2024/2025?. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPAS materi siklus hidup makhluk hidup dengan model pembelajaran think pair share pada siswa kelas III SDN 004 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak tiga siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dua pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas III B SDN 004 Sungai Kunjang yang berjumlah 22 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar IPAS (ranah kognitif) materi siklus hidup makhluk hidup menggunakan model pembelajaran think pair share. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase, peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 18,42% dari nilai rata-rata 51,81 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 18% pada nilai dasar menjadi 61,36 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 32%. Pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 35,96% menjadi 70,45 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 64%. Hal ini belum mencapai indikator keberhasilan sehingga dilanjutkan ke siklus III. Pada siklus III mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 49,12% menjadi 77,27 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 86% dan sudah mencapai indikator keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPAS dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbasis media canva pada siswa kelas III SDN 004 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2024/2025 mengalami peningkatan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Siklus Hidup Mahkluk Hidup Dengan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Media Canva Pada Kelas III SDN 004 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2024/2025 |
---|---|
Pengarang | Erizon Sandy Fajar Edward Parlindungan Situmorang - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ERI p 2024 |
Subyek | Think Pair Share hasil belajar IPAS Siklus Hidup Mahluk Hidup |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY