Detail Cantuman Kembali
NUR HAMIDAH - Personal Name

PENGARUH BEBERAPA PESTISIDA NABATI TERHADAP INTENSITAS PENYAKIT PADA TANAMAN CABAI BESAR (Capsicum annum L.)

ABSTRAK

NUR HAMIDAH. Pengaruh Beberapa Pestisida Nabati Terhadap Intensitas Penyakit pada Tanaman Cabai Besar. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2016. (di bawah bimbingan Suyadi dan Sopialena).

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh beberapa pestisida nabati terhadap intensitas penyakit pada tanaman cabai besar dan untuk mengetahui pestisida nabati yang paling berpengaruh terhadap serangan penyakit pada tanaman cabai besar.
Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan, sejak April sampai Agustus 2015, terhitung mulai persiapan lahan sampai pengambilan data. Penelitian dilakukan di Kebun Percobaan Lempake Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Timur.
Penelitian ini dilaksanakan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) disusun dalam ulangan sebanyak empat kali dengan menggunakan enam perlakuan yaitu P0, P1, P2, P3, P4 dan P5. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis ragam, apabila terdapat pengaruh yang nyata dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) dengan taraf 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua pestisida nabati yang digunakan berpengaruh terhadap intensitas penyakit pada daun tanaman cabai besar saat umur 59, 66 dan 73 hst. Pestisida nabati juga berpengaruh terhadap intensitas penyakit pada buah tanaman cabai besar saat umur 80, 87 dan 94 hst. Pestisida nabati ekstrak daun mimba menunjukkan kecenderungan lebih berpengaruh pada tanaman cabai terhadap intensitas penyakit.
Hasil penelitian ini menunjukkan seluruh pestisida nabati yang digunakan (ekstrak daun mimba, ekstrak daun sirsak, ekstrak serai, ekstrak akar tuba, dan ekstrak kenikir) berpengaruh terhadap pertumbuhan vegetatif dan generatif pada tanaman cabai besar.

Kata kunci: cabai besar, pestisida nabati, mimba, serai, akar tuba, sirsak, kenikir

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH BEBERAPA PESTISIDA NABATI TERHADAP INTENSITAS PENYAKIT PADA TANAMAN CABAI BESAR (Capsicum annum L.)
Pengarang NUR HAMIDAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua