ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA VIDEO ON DEMAND NETFLIX MENGGUNAKAN METODE FUZZY SERVICE QUALITY
Perkembangan teknologi di bidang informasi dan komunikasi yang semakin pesat secara tidak langsung meningkatkan jumlah pengguna internet dan memudahkan pengguna untuk bertukar dan menyebarkan informasi melalu internet. Perkembangan teknologi yang semakin pesat itu telah dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis dalam menyediakan banyaknya layanan video streaming on demand. Konsep layanan video on demand sebetulnya telah banyak disediakan oleh perusahaan luar negeri dan saat ini, tren penggunaan layanan video on demand pun semakin berkembang di Indonesia. memperlihatkan kepuasaan penggunaa dalam hal pelayanan, kepahaman, dan kemudahan dengan menggunakan metode Fuzzy Service Quality. Penetapan responden pada penelitian ini adalah mahasiswa informatika universitas mulawarman yang menggunakan Netflix yang diambil dari hasil sampel sebanyak 223 orang dari populasi mahasiswa yang diperkiran sebanyak 500 orang, penelitian menggunakan metode Fuzzy Service Quality. Penentuan kepuasaan pengguna (Y) dipengaruhi 3 variabel yang digunakan yaitu kegunaan (X1), kualitas informasi (X2), kualitas interaksi layanan (X3). Dalam penelitian ini tujuan yang ingin dicapai memperlihatkan kepuasan pengguna Netflix dalam hal pelayanan, kepahaman, dan kemudahan dengan menggunakan metode Fuzzy Service Quality. Penelitian ini memiliki beberapa perbedaan dengan penelitian sebelumnya, tidak hanya meningkatkan dimensi tangibles yang berupa bukti langsung atau fisik dari Netflix, serta dalam pertanyaan pertanyaan kuisioner yang menggunakan Web Quality yang memiliki 3 dimensi yang digunakan berupa kegunaan, kualitas interaksi layanan, dan kualitas informasi, dalam mengelola data menggunakan Software Matlab. Perhitungan pada setiap variabel yang digunakan pada perhitungan Servqual juga menunjukkan bahwa kepuasan pengguna Netflix dinilai Sangat Puas oleh responden.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA VIDEO ON DEMAND NETFLIX MENGGUNAKAN METODE FUZZY SERVICE QUALITY |
---|---|
Pengarang | Fahmi - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI FAH a 2024 |
Subyek | Mahasiswa Netflix Fuzzy Website Quality Video On Demand |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Teknik |
Jurusan | Informatika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY