Peningkatan Hasil Belajar PPKN Materi Menaati Aturan Di Sekitarku Melalui Model Example Non Example Pada Siswa Kelas II SDN 004 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2024/2025
Nur Isra Nirwana, 2024. Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Menaati Aturan Di Sekitarku Melalui Model Example Non Example Pada Siswa Kelas II SDN 004 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2024/2025. Pembimbing I Iksam, S.Pd., M.Pd. dan pembimbing II Dr. Muhammad Ramli Buhari, M.Pd., Kata Kunci : Hasil Belajar PPKn, Menaati Aturan Disekitarku, Example Non Example Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas II-A SDN 004 Samarinda Ulu Tahun Ajaran 2024/2025 khususnya mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Rumusan masalah penelitian ini bagaimana peningkatan hasil belajar PPKn dengan Materi Menaati Aturan Disekitarku melalui model pembelajaran Example Non Example pada siswa kelas II A SDN Smarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2024-2025? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKn Materi Menaati Aturan Disekitarku dengan model Example Non Example pada siswa kelas II SDN 004 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2024-2025. Jenis penelitian ini adalah Penelitia Tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dengan tiga siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II-A SDN 004 Samarinda Ulu berjumlah 29 orang dan objek penelitian ini adalah hasil belajar PPKn materi Menaati Aturan Disekitarku dengan model Example Non Example. Teknik pengumpulan data ini menggunakan cara observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan presetase guru dan siswa, ketuntasan hasil belajar, rata-rata nilai dan skor, serta peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menunjukan hasil belajar siswa mulai dari pra siklus memperoleh rata-rata nilai 68,9 dengan presentase siswa tuntas 17% , siklus I pertemuan pertama memperoleh rata-rata nilai 69,02 dengan presentase siswa tuntas 24, siklus I pertemuan kedua memperoleh rata-rata nilai 70,03 dengan presentase siswa tuntas 28%, siklus II pertemuan pertama memperoleh rata-rata nilai 70,09 dengan presentase siswa tuntas 37,9% , siklus II pertemuan kedua memperoleh rata-rata nilai 74,2 dengan presentase siswa tuntas 48,2%, siklus III pertemuan pertama memperoleh rata-rata nilai 77,1 dengan presentase siswa tuntas 72,4%, siklus III pertemuan kedua memperoleh rata-rata nilai 81,2 dengan presentase siswa tuntas 86,2% Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat Peningkatan hasil belajar PPKn materi Menaati Aturan Disekitarku Menggunakan Model Example Non Example pada siswa kelas II SDN 004 Samarinda Ulu Tahun Pembelajran 2024/2025.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar PPKN Materi Menaati Aturan Di Sekitarku Melalui Model Example Non Example Pada Siswa Kelas II SDN 004 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2024/2025 |
---|---|
Pengarang | NUR ISRA NIRWANA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR p 2024 |
Subyek | Hasil Belajar PPKn Example non Example Menaati Aturan Disekitarku |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY