PENGARUH MOTIVASI PELAYANAN PUBLIK DAN KEMAJUAN TUJUAN KARIR TERHADAP OCB BERORIENTASI LAYANAN (Studi pada pegawai BPSDM KALTIM)
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Motivasi Pelayanan Publik (Public Service Motivation/PSM) dan Kemajuan Tujuan Karir (Career Goal Progress) terhadap Perilaku Kewargaan Organisasi yang Berorientasi Layanan (Service-Oriented Organizational Citizenship Behavior/OCB). Studi dilakukan pada pegawai Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Timur, dengan menggunakan 58 responden yang dipilih melalui teknik stratified random sampling. Data diperoleh menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan metode regresi linier berganda menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi Pelayanan Publik berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB berorientasi layanan, yang menunjukkan bahwa pegawai dengan motivasi tinggi cenderung memberikan layanan proaktif di luar ekspektasi masyarakat. Sebaliknya, Kemajuan Tujuan Karir tidak berpengaruh signifikan terhadap OCB berorientasi layanan, yang mengindikasikan bahwa kemajuan karir pribadi tidak selalu menjadi faktor utama dalam mendorong perilaku layanan ekstra.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MOTIVASI PELAYANAN PUBLIK DAN KEMAJUAN TUJUAN KARIR TERHADAP OCB BERORIENTASI LAYANAN (Studi pada pegawai BPSDM KALTIM) |
---|---|
Pengarang | ANDI MUHAMMAD RIDHO ALIF IRWAN - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AND p 2024 |
Subyek | Motivasi Pelayanan Publik Kemajuan Tujuan Karir OCB Berorientasi Layanan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Jurusan | manajemen |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY