PENGARUH MEDIA POHON APEL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 1 SAMARINDA
Seviya Agustina, 2024. Pengaruh Media Pohon Apel Terhadap LambangBilanganUsia 5-6 Tahun Di Tk Negeri 1 Samarinda.Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Hj Tri Wahyuningsih,M.Si selaku dosen pembimbing I dan Ayu Aprilia Pangestu Putri, S.Pd.,M.Pd selaku dosen pembimbing II.Media pohon angka apel adalah alat permainan edukatif yang berguna untukmengenalkan konsep angka kepada anak usia 5-6 tahun agar perkembangan kognitif anak terstimulus dengan baik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh media pohon apel terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 1 Samarinda. Sampel dalam penelitian ini adalah 16 anak yaitu dari kelas B2 TK Negeri 1 Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan data purposive sampling untuk memilih sampel dengan teknik pengumpulan data berupa tes (tes awal (Pretest), treatment dan tes akhir (posttest)). Perkembangan kognitif yang diukur adalah mengenal, menyebutkan angka, membedakan bentuk, mengurutkan, menyesuaikan material angka. Berdasarkan hasil perhitungan normalitas diperoleh 0,078 dengan taraf signifikan > 0.05. Lalu, untuk hasil uji N-Gain, nilai pretest dan posttest memiliki jumlah yang berbeda memperoleh nilai dengan jumlah 0.73 dengan presentase 73.37 sehingga hasil N- gain berada pada kategori tinggi. Dengan demikian dapat dipahami bahwa hasil nilai prestest dan posttest memiliki angka yang berbeda sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, maka diketahui bahwa ada pengaruh bermain pohon angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 5-6 Tahun di TK Negeri 1 Samarinda. Melaui penelitian ini, dampak yang diberikan melalui bermain pohon angka dapat membantu anak usia 5- 6 Tahun di TK Negeri 1 Samarinda dalam menstimulasi kemampuan mengenal lambang bilanganm menyebutkan angka, membedakan bentuk, mengurutkan dan menyesuaikan material angka.Kata Kunci : Anak Usia 5-6 Tahun, Bermain Pohon Angka, Perkembangan Kognitif
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MEDIA POHON APEL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 1 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | SEVIYA AGUSTINA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SEV p 2024 |
Subyek | Anak Usia 5-6 Tahun Perkembangan Kognitif Bermain Pohon Angka |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | ILMU PENDIDIKAN |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY