Detail Cantuman Kembali
ANDRIYANA - Personal Name

PELAYANAN JASA KESEHATAN PUSKESMAS LOKTUAN DI KECAMATAN BONTANG UTARA

RINGKASAN
Andriyana, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Pelayanan Jasa Kesehatan Puskesmas Loktuan di Kecamatan Bontang Utara di bawah bimbingan Bapak Drs. Djumadi, M.Si sebagai Dosen
Pembimbing I dan Bapak Drs. Erwin Resmawan, M.Si sebagai Dosen Pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa Pelayanan Jasa Kesehatan Puskesmas Loktuan di Kecamatan Bontang Utara serta untuk mendapatkan gambaran tentang faktor-faktor yang menghambat pelayanan jasa kesehatan oleh aparatur Puskesmas Loktuan di Kecamatan Bontang Utara.
Adapun indikator-indikator dalam penelitian ini meliputi : 1. Pelayanan jasa kesehatan Puskesmas Loktuan di Kecamatan Bontang Utara : a. Pelayanan administrasi (prosedur pelayanan), b. Jumlah tenaga kesehatan dalam memberikan layanan, c. Sarana dan prasarana yang digunakan dalam pelayanan jasa kesehatan, d.Sikap dan perilaku petugas dalam memberikan layanan kesehatan. 2. Faktor yang menghambat pelayanan jasa kesehatan masyarakat di Puskesmas Loktuan.
Setelah mengetahui indikator-indikator yang ada, maka jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis data deskriptif. Untuk memperoleh data penelitian, khususnya dengan metode wawancara peneliti menggunakan metode purposive sampling dan teknik insidental sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala Puskesmas sebagai informan utama serta 5 orang petugas pelayanan dan 7 orang pasien sebagai informan pendukung.
Hasil penelitian ditinjau dari indikator-indikator yang ada, diperoleh kesimpulan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Loktuan sudah cukup baik, akan tetapi masih membutuhkan upaya-upaya peningkatan untuk mencapai kepuasan baik para pengunjung maupun petugas pelayanan kesehatan seperti meningkatkan kedisiplinan pegawai, pendidikan, dan kualitas tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan serta meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan yang ada.
Dan dari hasil analisis data yang ada, menunjukkan bahwa pelayanan jasa kesehatan di Puskesmas Loktuan masih mengalami beberapa kendala seperti kurangnya tenaga kesehatan, sarana dan prasarana yang belum memadai, dan faktor lain yang menghambat kelancaran pelayanan jasa kesehatan seperti masih kurangnya tingkat pendidikan dan pelatihan para petugas kesehatan yang ada di Puskesmas Loktuan.
Dengan selesainya penelitian dan penulisan skripsi ini penulis berharap dapat memberikan manfaat baik bagi penulis maupun pihak-pihak lain.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PELAYANAN JASA KESEHATAN PUSKESMAS LOKTUAN DI KECAMATAN BONTANG UTARA
Pengarang ANDRIYANA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua