PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG MASALAH SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SDN 004 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS materi masalah sosial pada siswa kelas IV SDN 004 Samarinda Tahun Pembelajaran 2022/2023. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar IPS tentang masalah sosial model pembelajaran Snowball Throwing siswa kelas IV SDN 004 Samarinda Tahun Pembelajaran 2022/2023?.” Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang masalah sosial model pembelajaran Snowball Throwing siswa kelas IV SDN 004 Samarinda Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 3 siklus dan masing-masing siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Prosedur penelitian terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 004 Samarinda yang berjumlah 28 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar IPS tentang masalah sosial model Snowball Throwing. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS tantang masalah sosial menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas IV SDN 004 Samarinda tahun pembelajaran 2022/2023 meningkat. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 61,85 dengan kriteria cukup dengan indikator keberhasilan siswa baik dan sangat baik sebesar 42,85%, pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 72,57 dengan kriteria cukup dengan indikator keberhasilan siswa baik dan sangat baik sebesar 64,28%, pada siklus III rata-rata hasil belajar siswa adalah 81,85 dengan kriteria baik dengan indikator keberhasilan siswa baik dan sangat baik sebesar 92,85%. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II 10,72 dengan persentase peningkatan 21,43%. Peningkatan hasil belajar dari siklus II ke siklus III 9,28 dengan persentase peningkatan 28,57%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG MASALAH SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SDN 004 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 |
---|---|
Pengarang | Ismail Hasan - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ISM p 2023 |
Subyek | Hasil Belajar IPS Model Snowball Throwing |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY