Pengaruh Bermain Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Melak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain sains untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kec. Melak melalui kegiatan bermain sains. Indikator dalam penelitian ini adalah mengamati bentuk dari berbagai macam tanaman bunga, mengamati warna, mengamati jenis tanaman bunga, menggambar bunga mawar dengan imajinasi, mengamati tanaman disekitar, mengetahui tempat hidup mahluk hidup, dan memahami sebab akibat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam pembelajaran menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group Pretsetpostest design. Adapun sampel dalam penelitian adalah anak usia 5-6 tahun berjumlah 18 anak yang terdiri dari 11 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan N-gain. Hasil penelitian ini sebelum adanya treatment dengan nilai pretest kategori belum berkembang sebanyak 4 anak dengan persentase 23%, mulai berkembang sebanyak 14 anak dengan persentase 77%. Kemudian nilai posstest dengan kategori berkembang sesuai harapan sebanyak 7 anak dengan persentase 38%, berkembang sangat baik sebanyak 11 anak dengan persentase 62%. setelah adanya treatment nilai rata-rata 79,83%. Hasil n-gain score diperoleh kriteria dari seluruh sempel adalah kategori sedang, yaitu dengen normalized 63 < 100 dengan persentase 63% yang berarti penggunaan bermain sains terhadap kemampuan kognitif anak berada pada kategori efektif. Penelitian ini memberikan pemahaman tentang peningkatan kemampuan kognitif melalui bermain sains dengan menggunakan tanaman. Terkhusus untuk guru sebagai bahan masukan materi pembelajaran dalam perkembangan kogntif anak usia dini melalui bermain sains.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Bermain Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Melak |
---|---|
Pengarang | Nurul Adha Febriani - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR p 2024 |
Subyek | Perkembangan Kognitif Anak Usia Dni Bermain Sains |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | ILMU PENDIDIKAN |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY