PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI DI MAN 1 SAMARINDA
Nurmilah, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Accelerated Learning Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi di MAN 1 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Muh. Amir M., M.Kes. selaku pembimbing I dan Sukemi, S. Pd., M. Sc. selaku pembimbing II. Model pembelajaran Accelerated Learning merupakan model pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar secara alamiah dengan menggunakan teknik belajar yang cocok dengan dirinya sehingga membuat belajar lebih menyenangkan dan memuaskan bagi siswa itu sendiri. Tujuan dari pen elitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Accelerated Learning terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi laju reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen, dengan desain penelitian Postest Only Control. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 di MAN 1 Samarinda yang terdiri dari 67 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dimana XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran Accelerated Learning dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Pengumpulan data berupa post-test dan ulangan harian sebagai data hasil belajar, lembar angket sebagai data motivasi belajar, serta lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi keaktifan siswa sebagai data pendukung. Hasil analisis data menunjukkan uji t dengan taraf signifikan 5% diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,003< 0,005, dan kategori angket dengan kriteria kuat dan sangat kuat, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Accelerated Learning terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi laju reaksi.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI DI MAN 1 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Nurmilah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR p 2024 |
Subyek | motivasi belajar Hasil Belajar laju reaksi Accelerated Learning |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY