HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XI SMK NEGERI 15 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2023/2024
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara layanan bimbingan klasikal dengan komunikasi interpersonal siswa kelas XI di SMK Negeri 15 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi Pearson product moment untuk menganalisis data. Instrumen penelitian terdiri dari angket yang mencakup 40 item untuklayanan bimbingan klasikal dan 36 item untuk komunikasi interpersonal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal di SMK Negeri 15 Samarinda berada dalam kategori sedang hingga tinggi, dengan sebagian besar siswa menilai layanan ini efektif. Analisis komunikasi interpersonal siswa menunjukkan mayoritas siswa memiliki kemampuan komunikasi yang baik hingga sangat baik. Uji korelasi Pearson mengungkapkan koefisien korelasi sebesar 0.356 dengan nilai signifikansi 0.002, yang menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara layanan bimbingan klasikal dengan komunikasi interpersonal. Hasil ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas layanan bimbingan klasikal berhubungan dengan peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara layanan bimbingan klasikal dengan komunikasi interpersonal siswa kelas XI di SMK Negeri 15 Samarinda Tahun Ajaran 2023/2024.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XI SMK NEGERI 15 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2023/2024 |
---|---|
Pengarang | NURHALIZA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR h 2024 |
Subyek | bimbingan klasikal, komunikasi interpersonal siswa |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | BIMBINGAN DAN KONSELING |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY