STRATEGI BERTAHAN UMKM SOUVENIR DI MUSEUM MULAWARMAN TENGGARONG PASCA PANDEMI COVID-19
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai strategi bertahan UMKM souvenir di Museum Mulawarman Tenggarong pasca pandemi Covid-19. Secara rinci penelitian ini mendeskripsikan strategi bertahan yang digunakan para pelaku UMKM dalam memperahankan kelangsungan usaha khususnya pasca pandemi Covid-19 dan perubahan setelah menerapkan strategi bertahan yang digunakan oleh pelaku UMKM souvenir. Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara kepada pelaku UMKM souenir yang ada di area Museum Mulawarman dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM souvenir ini, menggunakan beberapa strategi di dalam mempertahankan kelangsungan usahanya. Strategi yang digunakan seperti inovasi produk dengan menghadirkan dan menambah pilihan produk baru yang ditawarkan kepada pembeli, melakukan promosi di platform media sosial misalnya melalui facebook, instagram, dan marketplace dengan tujuan mampu menarik minat konsumen secara lebih luas jangkauan pemasarannya. Strategi bertahan yang diterapkan para pelaku UMKM Souvenir berhasil membuat para UMKM souvenir ini mengalami peningkatan pendapatan dan juga jangkauan pemasaran yang lebih luas bahkan lebih praktis.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | STRATEGI BERTAHAN UMKM SOUVENIR DI MUSEUM MULAWARMAN TENGGARONG PASCA PANDEMI COVID-19 |
---|---|
Pengarang | ANNISHA DIAH RAHMANI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ANN s 2024 |
Subyek | Pandemi COVID-19 UMKM strategi bertahan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | PEMBANGUNAN SOSIAL |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY