ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT KOTA SAMARINDA
Pelayanan kefarmasian merupakan pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien terkait sediaan farmasi dengan tujuan meningkatkan mutu hidup pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Kota Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah observasional non eksperimental secara deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada pasien rawat jalan yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien sangat puas dengan pelayanan yang diberikan, dengan semua aspek kepuasan pasien (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) berada dalam kategori sangat puas dengan skor persentase rata-rata 87%. Aspek assurance menunjukkan persentase tertinggi sebesar 89%, menunjukkan bahwa pasien merasa aman dengan obat yang diberikan oleh petugas.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT KOTA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | A. YUKI ANGRAINI PUTRI NABILA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI YUK a 2024 |
Subyek | kepuasan pasien Rumah sakit Pelayanan Kefarmasian |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Farmasi |
Jurusan | Farmasi Klinis |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY