Detail Cantuman Kembali
MIDIATI MAHFUZAH - Personal Name

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 11 SAMARINDA

Midiati Mahfuzah, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) Terhadap Keterampilan Argumentasi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII di SMP Negeri 11 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Zenia Lutfi Kurniawati, S.Pd, M.Pd selaku dosen pembimbing. Keterampilan argumentasi dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII di SMP Negeri 11 Samarinda masih terbilang rendah berdasarkan pada nilai Ujian Akhir Sekolah (UAS) mata pelajaran IPA semester 2. Pembelajaran yang dapat melatih keterampilan argumentasi siswa juga masih jarang digunakan selama proses belajar di kelas. Sehingga digunakanlah model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) untuk meningkatkan keterampilan argumentasi dan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap keterampilan argumentasi dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII di SMPNegeri 11 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment atau penelitian semu dan rancangan penelitian yang digunakan non-equivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik uji kesetaraan dengan kelas eksperimen yaitu VII A dan kelas kontrol yaitu VII B. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Anakova dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji Anakova diperoleh nilai sig. untuk keterampilan argumentasi sebesar 0,000 < 0,050 dan nilai sig. untuk keterampilan berpikir kritis sebesar 0,001 < 0,050, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap keterampilan argumentasi dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII di SMP Negeri 11 Samarinda

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 11 SAMARINDA
Pengarang MIDIATI MAHFUZAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MID p 2024
Subyek Keterampilan Berpikir Kritis
Keterampilan Argumentasi
ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN BIOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua