PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 11 SAMARINDA
Midiati Mahfuzah, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) Terhadap Keterampilan Argumentasi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII di SMP Negeri 11 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Zenia Lutfi Kurniawati, S.Pd, M.Pd selaku dosen pembimbing. Keterampilan argumentasi dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII di SMP Negeri 11 Samarinda masih terbilang rendah berdasarkan pada nilai Ujian Akhir Sekolah (UAS) mata pelajaran IPA semester 2. Pembelajaran yang dapat melatih keterampilan argumentasi siswa juga masih jarang digunakan selama proses belajar di kelas. Sehingga digunakanlah model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) untuk meningkatkan keterampilan argumentasi dan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap keterampilan argumentasi dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII di SMPNegeri 11 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment atau penelitian semu dan rancangan penelitian yang digunakan non-equivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik uji kesetaraan dengan kelas eksperimen yaitu VII A dan kelas kontrol yaitu VII B. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Anakova dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji Anakova diperoleh nilai sig. untuk keterampilan argumentasi sebesar 0,000 < 0,050 dan nilai sig. untuk keterampilan berpikir kritis sebesar 0,001 < 0,050, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap keterampilan argumentasi dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII di SMP Negeri 11 Samarinda
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 11 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | MIDIATI MAHFUZAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MID p 2024 |
Subyek | Keterampilan Berpikir Kritis Keterampilan Argumentasi ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN BIOLOGI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY