IMPLEMENTASI PELAYANAN E-RETRIBUSI PASAR DI DINAS PERDAGANGAN KOTA SAMARINDA
Siti Chalifah, “Implementasi Pelayanan E-Retribusi Pasar Di Dinas Perdagangan Kota Samarinda”. Di bawah bimbingan Bapak Daryono, S.Sos., M.Si., Ph.D selaku dosen pembimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bentuk implementasi pelayanan e-retribusi pasar di Dinas Perdagangan Kota Samarinda dan mengetahui faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan berlokasi di Dinas Perdagangan. Teori yang digunakan adalah teori dari Edward III terkait dengan model implementasi kebijakan publik yang memiliki empat variabel yakni komunikasi, sumber daya, sikap (disposisi) dan struktur birokrasi. Fokus penelitian adalah mengetahui implementasi pelayanan tersebut. Sumber data menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari Implementasi Pelayanan E-Retribusi Pasar di Dinas Perdagangan belum berjalan secara optimal. Sosialisasi dan struktur birokrasi yang belum optimal. Untuk sumber daya dan sikap(disposisi) sudah berjalan cukup baik. Namun masih ada faktor penghambat didalamnya seperti kurang dalam melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada pedagang pasar, Standard operating procedure (SOP) yang digunakan masih menjadi satu, dan masih ada pedagang yang belum paham dengan e-retribusi.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | IMPLEMENTASI PELAYANAN E-RETRIBUSI PASAR DI DINAS PERDAGANGAN KOTA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Siti Chalifah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SIT i 2024 |
Subyek | pelayanan Implementasi, E-Retribusi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Administrasi Publik |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY