PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2022/2023
Pembelajaran sebagai proses komunikasi dan terjadinya interaksi positif antara guru dan siswa dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran dapat dikatakan efektif apabila interaksi antar pendidik dan peserta didik berlangsung aktif serta tujuan yang diharapkan dapat tercapai dalam rentang waktu yang telah ditentukan. Tercapainya tujuan pengajaran dapat dilihat melalui prestasi belajar yang dicapai. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa di sekolah adalah motivasi. Motivasi belajar merupakan dorongan internal dan eksternal pada siswasiswa yang sedang belajar untuk mencapai arah dan tujuannya. Proses pembelajaran akan berjalan dengan efektif apabila siswa memiliki motivasi belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat motivasi belajar teks eksposisi kelas X di SMAN 2 Balikpapan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMAN 2 Balikpapan tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel sebanyak 104 siswa. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antar motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi linear sederhana, diketahui nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Selain itu diketahui nilai R square sebesar 0,112 maka dapat dikatakan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 11,2%, sedangkan 88,8% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil analisis deskriptif juga menunjukan bahwa motivasi belajar teks eksposisi siswa berada dalam kategori tinggi sebanyak 59%. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa dalam pembelajaran teks eksposisi pada siswa kelas X adalah karena adanya dorongan dalam diri untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan teman yang lain, dan keinginan untuk mendapatkan reward atau hadiah dari orang tua masing-masing. Selain itu motivasi belajar siswa juga dipengaruhi oleh ketertarikan siswa kepada materi pelajaran teks eksposisi. Siswa yang memiliki ketertarikan terhadap materi akan lebih aktif dalam pembelajaran dan tidak puas dengan yang diperoleh, sedangkan siswa yang tidak memiliki ketertarikan terhadap materi akan cenderung hanya menjadi pendengar pasif saat pembelajaran berlangsung, apabila mengalami kesulitan dalam belajar siswa tidak mengajukan diri untuk bertanya ataupun meminta bantuan kepada guru.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2022/2023 |
---|---|
Pengarang | FIR'AINA URASYIQIN - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI FIR p 2024 |
Subyek | motivasi belajar Prestasi Belajar Siswa Kelas X |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Bahasa dan Sastra Indonesia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY