PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING CONCEPT MAP-THINK PAIR SHARE (REMAP-TPS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA SMPN 1 SANGASANGA
Mirda Latifah, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Reading Concept Map-Think Pair Share (REMAP-TPS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMPN 1 Sangasanga. Penelitian ini dibimbing oleh Zenia Lutfi Kurniawati, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan observasi bahwa ditemukannya permasalahan yaitu rendahnya keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam proses pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang kurang interaktif dapat mengakibatkan siswa jenuh ketika proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reading Concept Map-Think Pair Share (REMAP-TPS) terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa SMPN 1 Sangasanga. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posstest Control Group Desain. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan kelas eksperimen yaitu kelas VIII-F dan kelas kontrol VIII-G yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Uji analisis yang digunakan adalah uji Independent Sample t-Test pada hasil berpikir kritis dengan taraf signitifikansi 5%. Hasil ini menunjukkan nilai sig. 2 tailed sebesar (0,003 < 0,05) dan uji Analisis yang digunakan adalah uji Independent Sample t-Test pada hasil berpikir kreatif dengan taraf signitifikansi 5%. Hasil ini menunjukkan nilai sig. 2 tailed sebesar (0,002 < 0,05) Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Reading Concept Map-Think Pair Share (REMAP-TPS) terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa SMPN 1 Sangasanga.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING CONCEPT MAP-THINK PAIR SHARE (REMAP-TPS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA SMPN 1 SANGASANGA |
---|---|
Pengarang | MIRDA LATIFAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MIR p 2024 |
Subyek | Berpikir Kritis berpikir kreatif Model pembelajaran remap-tps |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN BIOLOGI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY