PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB), DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI MUARA MUNTAI
Tiara Alza, 2024. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Organizational Citizenship Behaviour (OCB), dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Muara Muntai. Penelitian ini di bimbing oleh Prof. Dr. Azainil, M. Si., dosen pembimbing I dan Prof. Dr. Hj. Widyatmike Gede Mulawarman, M. Hum., dosen pembimbing II. Kinerja guru menjadi salah satu aspek pentingdalam meningkatkan kualitas pendidikan dan menjadi faktor penentu keberhasilan lembaga pendidikan. Oleh karena itu, memahami faktor-faktor yang memengaruhi kinerja guru sangatlah penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang optimal.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kepemimpinan transformasional, organizational citizenship behavior (OCB), dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data dari 76 guru di SMP Negeri Muara Muntai menggunakan kuesioner dan menganalisisnya dengan SPSS 27. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan transformasional berpengaruh langsung namun tidak signifikan terhadap OCB; (2) Profesionalisme guru berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap OCB; (3) Kepemimpinan transformasional dan profesionalisme guru secara simultan berpengaruh langsung terhadap OCB; (4) Kepemimpinan transformasional berpengaruh langsung namun tidak signifikan terhadap kinerja guru; (5) OCB berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja guru; (6) Profesionalisme guru berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja guru; (7) Kepemimpinan transformasional, OCB, dan profesionalisme guru secara simultan berpengaruh langsung terhadap kinerja guru; (8) Kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja guru melalui OCB; dan (9) Profesionalisme guru berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja guru melalui OCB. Profesionalisme guru lebih berperan daripada kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan OCB dan kinerja guru. OCB efektif sebagai mediator dalam hubungan profesionalisme dan kinerja, sedangkan kepemimpinan transformasional tidak memiliki pengaruh signifikan pada kinerja guru melalui OCB. Temuan ini sangat penting untuk merancang strategi pengembangan sumber daya manusia dalam bidang pendidikan, dengan fokus khusus pada peningkatan Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan profesionalisme guru, guna mencapai kualitas pendidikan yang lebih baik.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB), DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI MUARA MUNTAI |
---|---|
Pengarang | TIARA ALZA - Personal Name |
No. Panggil | THESIS TIA p 2024 |
Subyek | Kepemimpinan Transformasional Kinerja Guru profesionalisme guru Organizational Citizenship Behaviour (OCB) |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY