EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKAL MELALUI TEKNIK CINEMATHERAPY UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2024/2025
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan klasikal melalui teknik cinematherapy terhadap kepercayaan diri siswa. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan tipe one group pretest-postest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kepercayaan diri dengan model likert. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Samarinda. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 30 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik uji paired t test. Layanan bimbingan klasikal teknik cinematherapy dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai thitung lebih besar dibandingkan nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Nilai skor rata-rata pretest adalah 91,7 dan skor rata-rata posttest adalah 113,5 sehingga bimbingan klasikal melalui teknik cinematherapy efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Bimbingan klasikal melalui teknik cinematherapy dapat menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKAL MELALUI TEKNIK CINEMATHERAPY UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2024/2025 |
---|---|
Pengarang | Ma'shum Sasmito Jati - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MAS e 2024 |
Subyek | kepercayaan diri Bimbingan Klasikal Teknik Cinematherapy |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Bimbingan dan Konseling |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY