Pengaruh Permainan Duel Sejarah Terhadap Minat Belajar Sejarah di Kelas X SMA Negeri 17 Samarinda
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Permainan Duel Sejarah terhadap minat belajar sejarah peserta didik di kelas X SMA Negeri 17 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu True Eksperiment tipe post-test only control design. Sampel yang digunakan terdapat pada dua kelas yaitu kelas eksperimen (X.4) dan kelas kontrol (X.3). Pengambilan data menggunakan angket skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji parametik dengan uji Independent Sample t-Test. Hasil penelitian uji hipotesis yang dilakukan berdasarkan data Koefisien diperoleh nilai Signifikansi sebesar 0,080 dari data tersebut signifikansi 0,080 > 0,005, maka Ho diterima. Karena Ho diterima maka Ha ditolak, sehingga menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari Permainan Duel Sejarah terhadap minat belajar sejarah peserta didik di Kelas X SMA Negeri 17 Samarinda. Sehingga disarankan untuk peneliti selanjutnya agar tidak meneliti hanya pada variabel minat saja, tetapi menambahkan variabel Hasil Belajar pada penelitiannya
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Permainan Duel Sejarah Terhadap Minat Belajar Sejarah di Kelas X SMA Negeri 17 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Rusdita Mulya Nabilla - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RUS p 2024 |
Subyek | minat belajar sejarah Permainan Duel Sejarah SMA Negeri 17 Samarinda |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Sejarah |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY