MEDIA EDUKASI PENGENALAN SUMBER MAKANAN BERPROTEIN TINGGI BERBASIS AUGMENTED REALITY
Makanan merupakan kebutuhan primer bagi setiap orang untuk bisa beraktivitas, dengan nutrisi yang tepat memberikan manfaat optimal bagi tubuh manusia. Protein, sebagai salah satu nutrisi yang penting, memiliki peran krusial yang dapat mendukung program diet untuk sukses. Memiliki pengetahuan yang luas mengenai manfaat protein dapat membantu dalam pemenuhan kebutuhan protein harian seseorang, salah satu cara mempelajari protein adalah melalui aplikasi augmented reality (AR). AR menawarkan pendekatan inovatif dalam memperoleh pengetahuan, memadukan dunia visual dan nyata. Tujuan penelitian ini adalah menciptakan aplikasi AR sebagai media edukasi untuk memperkenalkan sumber protein tinggi yang baik bagi tubuh, membantu pengguna mengenali makanan dengan kandungan protein yang tinggi serta pemilihan makanan rendah kalori untuk mendukung diet yang sehat. Pembuatan aplikasi menggunakan metode MDLC yang memiliki 6 tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Tahapan pertama MDLC adalah concept yaitu untuk menentukan software pembuat aplikasi dan menentukan target pengguna serta membuat pemodelan aplikasi menggunakan unified modelling language (UML). Tahap design untuk pembuatan tampilan antarmuka pengguna. Tahap material collecting untuk mengumpulkan semua hal yang diperlukan oleh aplikasi AR seperti model 3D objek makanan dan data nutrisi dari setiap makanan. Tahap assembly dimana pada tahap ini dilakukan pembuatan aplikasi menggunakan software Unity 3D. Tahap testing dimulai dari pengujian black box, pengujian terhadap perangkat, dan pengujian penerimaan aplikasi oleh pengguna menggunakan kuesioner. Tahap distribution untuk menyimpan aplikasi yang telah dibuat kedalam sebuah media penyimpanan. Telah berhasil dibuat aplikasi media edukasi pengenalan sumber protein berbasis AR dengan menerapkan metode MDLC dengan nilai rata-rata dari kuesioner yang telah dibagikan kepada
responden adalah sebesar 86% yang masuk dalam kategori “sangat baik”, sehingga dapat
dikatakan bahwa aplikasi “AR Protein” dapat memberikan pengetahuan kepada pengguna
mengenai makanan apa saja yang merupakan sumber protein tinggi.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | MEDIA EDUKASI PENGENALAN SUMBER MAKANAN BERPROTEIN TINGGI BERBASIS AUGMENTED REALITY |
---|---|
Pengarang | MUHAMMAD FARHAN RIFANI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUH m 2024 |
Subyek | Augmented Reality PROTEIN Skala Likert Multimedia Development Life Cycle Black Box Testing |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Teknik |
Jurusan | INFORMATIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY