PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN DIGITAL TERINTEGRASI LITERASI SAINS BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI ZAT ADITIF
Penerapan konsep sains siswa diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan di kehidupan nyata, namun bahan bacaan digital yang memuat aspek-aspek literasi sains dan etnosains masih kurang, terutama pada materi zat aditif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain dan validasi bahan bacaan digital terintegrasi literasi sains berbasis etnosains pada materi zat aditif. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 3-D (Define, Design, and Develop) yang dimodifikasi dari model 4-D. Desain bahan bacaan menggunakan canva, youtube, dan google form. Desain diunggah ke website book creator untuk diubah menjadi format e-book. Instrumen penelitian yang digunakan diantaranya angket kebutuhan peserta didik, lembar wawancara, angket validasi ahli materi, ahli media, dan praktisi. Hasil validasi ahli materi, ahli media, dan praktisi menyatakan bahwa bahan bacaan digital terintegrasi literasi sains berbasis etnosains pada materi zat aditif dalam kriteria sangat valid dan dapat dilanjutkan ke tahap uji coba terhadap peserta didik untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifannya.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN DIGITAL TERINTEGRASI LITERASI SAINS BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI ZAT ADITIF |
---|---|
Pengarang | SARAH FEBRIANI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SAR p 2024 |
Subyek | Literasi Sains E-book Bahan Bacaan Zat Aditif Etnosains |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY