ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN JURNAL REFLEKTIF PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI 27 SAMARINDA
Riska Nanda Putri 2020, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Jurnal Reflektif Pada Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 27 Samarinda. Di SMP Negeri 27 Samarinda. Di bawah bimbingan Prof. Dr. Makrina Tindangen, M.Pd. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis perbedaan signifikansi kemampuan metakognitif siswa sebelum dan setelah penerapan jurnal reflektif dalam pembelajaran Biologi di SMP Negeri 27 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan desain penelitian One Groups Pretest-Posttest Control Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling di kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan metakognitif siswa sebelum dan setelah menggunakan jurnal reflektif. Nilai p sebesar 0,000 mendukung hipotesis penelitian, yaitu terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan metakognitif siswa sebelum dan setelah menggunakan jurnal reflektif secara signifikan meningkatkan kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran biologi.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN JURNAL REFLEKTIF PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI 27 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Riska Nanda Putri - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIS a 2024 |
Subyek | Pembelajaran Biologi Jurnal Reflektif Kemampuan Metakognitif Uji Wilcoxon Signed Rank Test |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Biologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY