Peningkatan Kemampuan Menulis Peserta Didik Dalam Mengalihwahanakan Teks Negosiasi Menjadi Teks Narasi Dengan Metode Kooperatif Tipe STAD Kelas X SMA Al-Khairiyah Samarinda Tahun 2023/2024
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran menulis teks narasi peserta didik kelas X SMA Al-Khairiyah Samarinda dan meningkatkan hasil belajar peserta didik apabila menggunakan metode kooperatif tipe STAD. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas adalah kemampuan menulis teks narasi, dan variabel tindakan yang digunakan adalah metode kooperatif tipe STAD . subjek pebelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan 12 Peserta didik kelas X SMA Al-Khairiyah Samarinda. Sedangkan objeknya adalah kemampuan peserta didik dalam menulis. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks tertulis, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dalam bentuk kerjasama PTK. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis teks narasi setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan metode kooperatif tipe STAD. Pada pertemuan pertama yaitu siklus I skor pada lembar observasi guru yaitu 70 dan rata-ratanya 18,49 Pada pertemuan kedua yaitu siklus II skor pada lembar observasi guru yaitu 90 dan rata-ratanya 28,83 Sedangkan hasil penelitian belajar menulis teks narasi meningkat dengan metode kooperatif tipe STAD dengan peserta didik mencapai KKM sebanyak 9 peserta didik dengan nilai tertinggi 87 dan nilai terendah 62 sebanyak 2 peserta didik. Pada siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan menulis teks narasi dengan nilai tertinggi 87 sebanyak 10 peserta didik dan nilai terendah 68 sebanyak 1 peserta didik. Dengan demikian penelitian ini dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa melalui metode kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan menulis teks narasi dalam dialog negosiasi pada peserta didik kelas X SMA Al-Khairiyah Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Kemampuan Menulis Peserta Didik Dalam Mengalihwahanakan Teks Negosiasi Menjadi Teks Narasi Dengan Metode Kooperatif Tipe STAD Kelas X SMA Al-Khairiyah Samarinda Tahun 2023/2024 |
---|---|
Pengarang | Winda Ayu Widya Putri - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI WIN p 2024 |
Subyek | Teks Negosiasi Teks Narasi Metode Kooperatif Tipe STAD |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY