PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) APLIKASI BANK SAMPAH BERBASIS MOBILE DENGAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KELURAHAN JAWA, SANGASANGA)
Pengelolaan sampah yang efektif merupakan tantangan yang signifikan di Kelurahan Jawa, Kecamatan Sangasanga. Partisipasi masyarakat dalam program bank sampah masih rendah karena kurangnya akses dan informasi yang mudah. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan sebuah aplikasi mobile yang intuitif dan mudah digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang user interface (UI) dan user experience (UX) aplikasi mobile Bank Sampah Aliansi Sampah Ramah Lingkungan (ASRI) Kota Juang dengan metode Design Thinking. Metode Design Thinking digunakan dalam penelitian ini, yang terdiri dari lima tahap, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi dengan pengguna potensial, serta pengujian usability dengan responden yang terdiri dari karyawan swasta, pelajar, ibu rumah tangga, dan pengusaha. Desain aplikasi yang dihasilkan memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai tugas seperti login, pengiriman sampah reguler dan drop-off, melihat profil, dan menukar poin. Aplikasi ini mendapatkan skor rata-rata System Usability Scale (SUS) sebesar 83, yang termasuk dalam kategori "Excellent". Pengujian usability menggunakan metode Single Ease Question (SEQ) dan SUS menunjukkan bahwa aplikasi ini mudah digunakan oleh berbagai jenis pengguna. Nilai rata-rata SEQ yang konsisten menunjukkan bahwa aplikasi ini intuitif dan memadai dalam memenuhi kebutuhan pengguna. Desain UI/UX yang baik meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program pengelolaan sampah dan menciptakan pengalaman pengguna yang optimal, mendukung program lingkungan yang lebih bersih dan ramah.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) APLIKASI BANK SAMPAH BERBASIS MOBILE DENGAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KELURAHAN JAWA, SANGASANGA) |
---|---|
Pengarang | MUHAMMAD RISKY ARYA PUTRA SETIAWAN - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUH p 2024 |
Subyek | Aplikasi Mobile design thinking Bank Sampah UI UX |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Teknik |
Jurusan | Sistem Informasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY