PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN EMINA COSMETIC
Seravia Marieta Ayunanda Sines, 2002056083. SKRIPSI. Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Emina Cosmetic. Program studi S1 Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Mulawarman 2024.
Perkembangan dunia bisnis yang semakin kompetitif dari waktu ke waktu membuat perusahaan harus mencari strategi baru untuk bersaing dengan para kompetitor mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih. Salah satu cara bersaing perusahaan yang mengikuti perkembangan teknologi yaitu dengan menggunakan teknik electronic word of mouth atau komunikasi dari mulut ke mulut yang terjadi pada media electronik antara 1 orang dengan orang yang lain mengenai suatu produk seperti yang diterapkan oleh Emina Cosmetics. Dalam dunia bisnis electronic word of mouth merupakan strategi yang dinilai cukup efisien dan efektif dalam memasarkan dan mengenalkan produk kepada konsumen lain dengan hanya bermodalkan internet. Emina Cosmetics merupakan produk skincare dan make up yang menerapkan komunikasi electronic word of mouth pada media sosial seperti instagram, youtube, dan lain-lain dalam pemasaran dan pengenalan produknya. Dimensi electronic word of mouth yang digunakan pada penelitian ini adalah intensitas, valensi opini, dan konten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi electronic word of mouth yaitu intensitas, valensi opini, dan konten terhadap keputusan pembelian.
Untuk mengetahui Intensitas, Valensi Opini, dan Konten terhadap Keputusan Pembelian Emina Cosmetics. Penelitian ini berjenis deskriptif pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner untuk memperoleh data. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan menggunakan rumus 25 kali jumlah variabel, yang menghasilkan 100 orang sebagai responden.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas, valensi opini, dan konten memberikan pengaruh sebesar 43,2% terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya 56,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kemudian berdasarkan uji t, maka didapatkan hasil bahwa dimensi intensitas tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian dengan thitung kurang dari t-tabel yang bernilai 0,860 kurang dari 1,984 , dimensi valensi opini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian dengan t-hitung kurang dari t-tabel yang bernilai 5,413 kurang dari 1,984, dan dimensi konten memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian dengan t-hitung kurang dari t-tabel yang bernilai 2,146 kurang dari 1,984.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN EMINA COSMETIC |
---|---|
Pengarang | Seravia Marieta Ayunanda Sines - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SER p 2024 |
Subyek | Keputusan Pembelian electronic word of mouth Komunikasi Pemasaran |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Ilmu Komunikasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY