PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING (GBL) BERBATUAN MEDIA BAAMBOOZLE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA 2 TENGGARONG SEBERANG
Pengaruh model pembelajaran Game based learning (GBL) berbantuan media Baamboozle terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang. Dalam penelitian ini di bimbing oleh Zenia Lutfi Kurniawati, S.Pd, M.Pd selaku dosen pembimbing. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Tenggarong seberang pada mata pelajaran biologi. kurangnya penggunaan berbagai model pembelajaran membuat peserta didik cenderung bosan dan pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Game based learning (GBL) berbantuan media Baamboozle terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA 2 Tenggarong Seberang. Pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling dengan jumlah 58 siswa. Penelitian ini memberikan angket dan butir soal pre-test dan post-test. didapat data hasil belajar yaitu pada kelas eksperimen rata-rata nilai 79,69. Kelas kontrol 73,86, pada hasil angket motivasi diperoleh rata-rata dari kelas eksperimen 82,69 dan kelas kontrol 73,86. Berdasarkan data yang didapat dari hasil analisis anacova menunjukkan bahwa nilai signifikansi model pembelajaran game based learning (GBL) terhadap motivasi belajar adalah 0,000 yang berarti nilai sig 0, 000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima Sedangkan untuk nilai signifikasi terhadap hasil belajar adalah 0,000 yang berarti nilai sig 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Game based learning (GBL) berbantuan media baamboozle berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA 2 Negeri Tenggarong Seberang.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING (GBL) BERBATUAN MEDIA BAAMBOOZLE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA 2 TENGGARONG SEBERANG |
---|---|
Pengarang | SAMUEL EKA NUGRAHA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SAM p 2024 |
Subyek | motivasi belajar Hasil Belajar GAME BASED LEARNING |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN BIOLOGI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY