DESAIN DAN VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK INTERAKTIF PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan antusiasme belajar peserta didik di kelas, yang disebabkan oleh media pembelajaran yang digunakan guru masih monoton dan kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran flipbook yang interaktif dan valid. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, dimana dalam pelaksanaan penelitian ini mencakup tiga tahapan pertama yaitu analysis, design, dan development. Instrumen yang digunakan meliputi lembar wawancara guru, angket kebutuhan peserta didik, dan angket validasi para ahli. Penelitian ini menghasilkan desain flipbook yang tidak hanya memuat teks, tetapi juga dilengkapi dengan gambar visual, video pembelajaran, latihan soal, serta soal evaluasi yang terintegrasi dengan platform kuis sehingga peserta didik dapat mengerjakan secara online. Hasil validasi dari ahli materi sebesar 91,66%, ahli media sebesar 91,14%, dan praktisi pembelajaran sebesar 98,98%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa flipbook interaktif pada pokok bahasan ikatan kimia telah berhasil didesain dan termasuk pada kategori sangat valid.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | DESAIN DAN VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK INTERAKTIF PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA |
---|---|
Pengarang | Regina Purwita Sari - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI REG d 2024 |
Subyek | Ikatan Kimia DESAIN Validitas Flipbook Interaktif |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY