PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 5 SAMARINDA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terintegrasi STEM terhadap hasil belajar siswa pada materi pemanasan global. Jenis penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan bentuk one group pretest dan posttest desain. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 34 siswa dari kelas X8 di SMAN 5 Samarinda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes tertulis berupa 8 butir soal essay. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar dengan nilai N-gain sebesar 0,5 pada Kategori Sedang, dan terdistribusi normal serta memperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti adanya perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan model PBL terintegritas STEM berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penerapan problem based learning terintegrasi STEM perluh di lakukan pada materi SMA lainnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 5 SAMARINDA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL |
---|---|
Pengarang | MARIA ELDISARI MURNI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MAR p 2024 |
Subyek | Hasil Belajar Problem Based Learning Pemanasan Global |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN FISIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY