MOTIF PENGGUNAAN TWITTER @OHMYBEAUTYBANK TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KECANTIKAN
Thifal Prameswari Tuffahati, “Motif Penggunaan Twitter Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kecantikan”. Di bawah bimbingan Ibu Dr. Silviana Purwanti, S.Sos., M. Si sebagai dosen pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk memahami motif penggunaan Twitter @ohmybeautybank terhadap pemenuhan kebutuhan informasi kecantikan dengan menggunakan analisis teori Uses and Gratification yang diperkenalkan oleh Herbert Blumer dan Elihu Katz pada tahun 1974. Teori ini berpusat pada khalayak karena khalayaklah yang aktif mencari dan menentukan media mana yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Dengan fokus penelitian pada 5 kebutuhan individual yang dipuaskan media menurut Katz, Gurevitch, dan Haas yaitu kebutuhan kognitif, afektif, integrasi personal, integrasi sosial, dan pelepasan ketegangan. Subjek pada penelitian ini adalah remaja akhir berusia 18-22 tahun mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi pada tiga narasumber yang merupakan followers dari akun Twitter @ohmybeautybank. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa motif menggunakan akun @ohmybeautybank didorong oleh kebutuhan kognitif, afektif, integrasi personal, dan pelepasan ketegangan. Sedangkan kebutuhan integrasi sosial tidak menjadi salah satu motif utama pengguna memperkuat hubungan dengan orang lain dalam menjalankan peran sebagai makhluk sosial.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | MOTIF PENGGUNAAN TWITTER @OHMYBEAUTYBANK TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KECANTIKAN |
---|---|
Pengarang | Thifal Prameswari Tuffahati - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI THI m 2024 |
Subyek | Teori Uses and Gratification, media sosial, twitter |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Ilmu Komunikasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY