HUBUNGAN DIMENSI MUTU PELAYANAN RAWAT JALAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS TANJUNG SELOR KABUPATEN BULUNGAN TAHUN 2024
Mustika Usin, 2024 Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan Rawat Jalan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Hipertensi di Puskesmas Tanjung Selor Kabupaten Bulungan Tahun 2024 (Pembimbing Dr. Ratno Adrianto, SKM., M.Kes, S.K.M., M.Kes dan Ratih W Wisnuwardani, Ph.D) ABSTRAK Pemanfaatan pelayanan kesehatan di Indonesia secara umum dapat dikatakan baik, namun masih terdapat beberapa daerah yang mengalami permasalahan dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan Oleh karena itu, masyarakat masih sedikit yang berkunjung ke puskesmas. Data Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara (2023) hasil capaian kunjungan ulang penderita hipertensi adalah 41.975 (56,79 %) dari target 73.909 (100 %). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dimensi mutu pelayanan rawat jalan dengan minat kunjungan ulang pasien hipertensi di Puskesmas Tanjung Selor Kabupaten Bulungan tahun 2024. Metode Penelitian ini menggunakan studi deskriptif kuantitatif melalui pendekatan analisis cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien hipertensi yang terdata di Puskesmas Tanjung Selor Kabupaten Bulungan sebesar 2.432 pasien penderita hipertensi dengan sampel 92 responden. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan antar efisiensi (p=0.004), keamanan (p=0,014), kenyamanan (p=0,001) dengan minat kunjungan ulang sedangkan akses terhadap pelayanan (p=0,250) tidak memiliki hubungan dengan minat kunjungan ulang. Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan mutu pelayanan (efisiensi, keamanan, kenyamanan) dan minat kunjungan ulang pasien hipertensi di Puskesmas Tanjung Selor Kabupaten Bulungan. Diharapakan puskesmas dapat lebih memperhatikan efisiensi, keamanan, kenyamanan pasien sehingga mutu pelayanan dapat ditingkatkan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN DIMENSI MUTU PELAYANAN RAWAT JALAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS TANJUNG SELOR KABUPATEN BULUNGAN TAHUN 2024 |
---|---|
Pengarang | MUSTIKA USIN - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUS h 2024 |
Subyek | Hipertensi Minat Kunjungan Ulang Mutu Pelayanan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Jurusan | Ilmu kesehatan masyarakat |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY