Detail Cantuman Kembali
MUSTIKA USIN - Personal Name

HUBUNGAN DIMENSI MUTU PELAYANAN RAWAT JALAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS TANJUNG SELOR KABUPATEN BULUNGAN TAHUN 2024

Mustika Usin, 2024 Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan Rawat Jalan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Hipertensi di Puskesmas Tanjung Selor Kabupaten Bulungan Tahun 2024 (Pembimbing Dr. Ratno Adrianto, SKM., M.Kes, S.K.M., M.Kes dan Ratih W Wisnuwardani, Ph.D) ABSTRAK Pemanfaatan pelayanan kesehatan di Indonesia secara umum dapat dikatakan baik, namun masih terdapat beberapa daerah yang mengalami permasalahan dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan Oleh karena itu, masyarakat masih sedikit yang berkunjung ke puskesmas. Data Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara (2023) hasil capaian kunjungan ulang penderita hipertensi adalah 41.975 (56,79 %) dari target 73.909 (100 %). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dimensi mutu pelayanan rawat jalan dengan minat kunjungan ulang pasien hipertensi di Puskesmas Tanjung Selor Kabupaten Bulungan tahun 2024. Metode Penelitian ini menggunakan studi deskriptif kuantitatif melalui pendekatan analisis cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien hipertensi yang terdata di Puskesmas Tanjung Selor Kabupaten Bulungan sebesar 2.432 pasien penderita hipertensi dengan sampel 92 responden. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan antar efisiensi (p=0.004), keamanan (p=0,014), kenyamanan (p=0,001) dengan minat kunjungan ulang sedangkan akses terhadap pelayanan (p=0,250) tidak memiliki hubungan dengan minat kunjungan ulang. Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan mutu pelayanan (efisiensi, keamanan, kenyamanan) dan minat kunjungan ulang pasien hipertensi di Puskesmas Tanjung Selor Kabupaten Bulungan. Diharapakan puskesmas dapat lebih memperhatikan efisiensi, keamanan, kenyamanan pasien sehingga mutu pelayanan dapat ditingkatkan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN DIMENSI MUTU PELAYANAN RAWAT JALAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS TANJUNG SELOR KABUPATEN BULUNGAN TAHUN 2024
Pengarang MUSTIKA USIN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUS h 2024
Subyek Hipertensi
Minat Kunjungan Ulang
Mutu Pelayanan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan Ilmu kesehatan masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua