EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK EXPRESSIVE WRITING DALAM MENINGKATKAN REGULASI EMOSI SISWA SMP NEGERI 5 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2024/2025
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik expressive writing untuk meningkatkan regulasi emosi pada siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Samarinda. Penelitian ini adalah penelitian experimen yaitu Pre-eksprerimen dengan one group pretest posttest design.Subjek yang digunakan sebanyak 8 siswa dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpul data menggunakan skala Regulasi Emosi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji normalitas dengan Uji Shapiro Wilk kemudian Uji Paired Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap hasil skor ratarata sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok yaitu, skor ratarata pretest 86 dan skor rata-rata posttest 144 sehingga bimbingan kelompok teknik expressive writing dapat meningkatkan regulasi emosi siswa sebanyak 78% dengan kategori efektif. Kemudian hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ha diterima Ho ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah regulasi emosi siswa SMP Negeri 5 Samarinda Tahun Ajaran 2024/2025 dapat ditingkatkan dengan melalui teknik Expressive Writing.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK EXPRESSIVE WRITING DALAM MENINGKATKAN REGULASI EMOSI SISWA SMP NEGERI 5 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2024/2025 |
---|---|
Pengarang | EKA NURFITRIANA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI EKA e 2024 |
Subyek | Layanan Bimbingan Kelompok REGULASI EMOSI Teknik Expressive Writing |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Bimbingan dan Konseling |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY