Detail Cantuman Kembali
Rizka Ayu Amalia - Personal Name

TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PROSES PINJAMAN DENGAN JAMINAN ATAS NAMA PIHAK KETIGA (STUDI KASUS PADA KOPERASI SERBA USAHA SYARIAH FIRDAUS KOTA SAMARINDA)

ABSTRAK
Rizka Ayu Amalia, 11080151096, Tinjauan Yuridis Terhadap Proses Pinjaman Dengan Jaminan Atas Nama Pihak Ketiga (Studi Kasus Pada Koperasi Serba Usaha Syariah Firdaus Kota Samarinda), dibawah bimbingan IbuEmilda Kuspaningrum, S.H.,K.N.,M.H. sebagai Pembimbing Utama dan Ibu Safarni Husain, S.H.,M.Knsebagai Pembimbing Pendamping. Negara mengatur kesinambungan pelaksanaan pembangunan nasional guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.Pelaksanaan pembangunan ekonomi yang berasaskan kekeluargaan harus lebih memperhatikan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan unsur-unsur Trilogi Pembangunan. Khususnya pasal 33 ayat (4) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan bahwa Perekonomian nasional diselenggarakan atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional. Fokus masalah menyangkut pasal 1315 KUHPerdata menyebutkan bahwa pada umumnya seseorang tidak dapat mengadakan pengikatan atau perjanjian selain untuk dirinya sendiri atau meminta ditetapkannya suatu janji daripada untuk dirinya sendiri. Pada kasus yang penulis bahas mengenai proses peminjaman dengan jaminan pihak ketiga yang belum dibalik nama, serta menganalisis mengenai pertanggung jawaban KSU Syariah Firdaus. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode jenis penelitian yuridis empirisdengan menggunakan pendekatan kasus dan pendekatan undang-undang.Untuk memperkuat analisis, penulis melakukan penelitian perpustakaan dan pengumpulan data untuk mengumpulkan bahan hukum yang kemudian dianalisis menggunakan undang-undang dan/atau aturan yang berisikan kaedah hukum. Untuk mengetahui dan menganalisis tinjauan yuridis terhadap proses pinjaman dengan jaminan atas nama pihak ketiga pada KSU Syariah Firdaus Kota Samarinda.sertamengetahui dan menganalisis pertanggung jawaban pengurus menurut Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Koperasi terhadap anggota mengenai pencairan dana pinjaman KSU Syariah Firdaus dengan jaminan sertifikat atas nama pihak ketiga.Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sarana informasi yuridis bagi kajian-kajian hukum selanjutnya dalam rangka memperkuat analisa hukum terhadap gejala-gejala hukum yang berkembang di masyarakat.
Kata Kunci: Koperasi, Proses Pinjaman,Jaminan, Wanprestasi, Pertanggungjawaban

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PROSES PINJAMAN DENGAN JAMINAN ATAS NAMA PIHAK KETIGA (STUDI KASUS PADA KOPERASI SERBA USAHA SYARIAH FIRDAUS KOTA SAMARINDA)
Pengarang Rizka Ayu Amalia - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua