Studi Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Discovery Learning Oleh Guru PPKn di SMA Negeri 6 Balikpapan
Widya Apriliyana Wijiani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman “Studi Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Discovery Learning Oleh Guru PPKn di SMA Negeri 6 Balikpapan”. Di bawah bimbingan Prof. Dr. A. Hardoko., M.Pd selaku Pembimbing I dan Dr. M. Jamil., S.Pd, M.AP selaku Pembimbing II. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran discovery learning oleh Guru PPKn SMA Negeri 6 Balikpapan dalam Sintaks pembelajaran Discovery Learning oleh Guru PPKn SMA Negeri 6 Balikpapan. Jenis Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan model pembelajaran discovery learning oleh guru PPKn di SMA Negeri 6 Balikpapan. Penelitian dilaksanakan bulan Maret 2024. Subjek penelitian 3 Responden Siswa-siswi dengan kriteria tinggi, sedang dan rendah dan 1 Informan Guru PPKn. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil Penelitian ini menunjukkan pelaksanaan model pembelajaran Discovery Learning oleh guru PPKn dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMA Negeri 6 Balikpapan. Hasil penelitian pada saat observasi guru PPKn di SMA Negeri 6 Balikpapan menerapkan enam sintaks Discovery Learning, yaitu: (1) Stimulation (Stimulus), (2) Problem Statement (Identifikasi Masalah), (3) Data Collection (Pengumpulan Data), (4) Data Processing (Pengolahan Data), (5) Verification (Pembuktian), dan (6) Generalization (Kesimpulan). Pelaksanaan sintaks tersebut secara umum telah berjalan dengan baik, ditujukkan oleh beberapa indikator seperti keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, peningkatan keterampilan analisis siswa serta pemahaman konsep discovery learning yang lebih mendalam serta antusias siswadalam mengikuti pembelajaran Model pembelajaran Discovery Learning dapat dijadikan sebagai suatu alternatif pemecahan masalah dalam pembelajaran PPKn, karena model ini mengutamakan proses penemuan untuk memperoleh tahapan untuk melatih kemampuan siswa baik dalam ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik. Guru dalam menerapkan pembelajaran discovery learning sesuai dengan sintaksnya sehingga proses pembelajaran di dalam kelas berjalan dengan baik dimana siswa aktif mengikuti pelajaran, sehingga penguasaan siswa terhadap materi pelajaran menunjukkan peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil tes yang guru berikan. Dengan model pembelajaran discovery learningpembelajaran PPKn di kelas lebih menyenangkan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Studi Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Discovery Learning Oleh Guru PPKn di SMA Negeri 6 Balikpapan |
---|---|
Pengarang | WIDYA APRILIYANA WIJIANI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI WID s 2024 |
Subyek | Pembelajaran PPkn Model Pembelajaran Discovery Learning Guru PPKn SMA Negeri 6 Balikpapan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY