Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X PSP SMAN 1 Sebatik pada Materi Reaksi Kimia
Kurikulum merdeka menekankan pembelajaran yang kontekstual dengan menghadirkan situasi nyata dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat meningkatkan pemhaman konsep dan mengaplikasikan apa yang dipelajari kedalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa Kelas X PSP SMAN 1 Sebatik dalam penerapan model pembelajaran discovery learning melalui pendekatan kontekstual pada materi reaksi kimia. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X PSP SMAN 1 Sebatik dengan jumlah 259 siswa yang terbagi menjadi 7 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas sebagai eksperimen yaitu kelas X PSP 2 dan X PSP 4 yang masing- masing terdiri dari 32 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes berupa pre-test dan post-test serta angket dan lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik sebagai data pendukung. Analisis data menggunakan uji t, uji N-Gain, uji Ef ect Size dan uji Reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa pada kelas X PSP 2 dan X PSP 4 yang dibuktikan dengan nilai uji N-Gain sebesar 0,63 dan 0,60 yang tergolong dalam kriteria sedang. Hasil uji ef ect size yang diperoleh sebesar 3,35 pada kelas X PSP 2 dan 3,48 pada kelas X PSP 4 yang tergolong dalam kriteria sangat besar, hal ini menunjukkan efektivitas dari model pembelajaran discovery learning melalui pendekatan kontekstual dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning melalui pendekatan kontesktual dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X PSP SMAN 1 Sebatik pada materi reaksi kimia.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X PSP SMAN 1 Sebatik pada Materi Reaksi Kimia |
---|---|
Pengarang | RISMA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIS p 2024 |
Subyek | Discovery Learning Pemahaman Konsep Pendekatan Kontekstual |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY